Jumat, 28 Juli 2017

Filled Under:

7 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat bagi Anak

Perilaku terbentuk dari sebuah kebiasaan yang sering dilakukan secara berulang-ulang. Begitu pula dengan perilaku hidup bersih dan sehat. Alangkah baiknya jika anak-anak sejak dini sudah dikenalkan dan diajarkan arti penting perilaku hidup bersih dan sehat agar kelak pada saat mereka dewasa, perilaku tersebut sudah tertanam kuat sehingga selalu membekas di dalam diri mereka.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia beberapa tahun terakhir mulai gencar menyarankan masyarakat untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat. Diantara ada 7 perilaku hidup bersih dan sehat bagi anak yaitu :

1. Mencuci tangan dengan sabun

Sedari kecil anak diajarkan untuk mencuci tangan dengan sabun baik itu setelah selesai beraktivitas, pada saat hendak makan, selesai makan atau pun buang air. Hal ini nampaknya sederhana, tapi kadang banyak anak-anak yang tidak mau untuk melakukannya. Peranan orang tua menjadi sumber utama sebagai contoh agar anak-anak mau membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun

2. Makan sayur, buah dan daging

Memperkenalkan kepada anak agar menyukai makanan sayur dan buah. Sebab, ada beberapa anak yang tidak suka mengkonsumsi sayur atau buah. Mereka lebih senang makan nasi dan daging. Padahal, sayur dan buah merupakan sumber zat nutrisi alami yang baik untuk membantu pertumbuhan anak.

3. Menggosok gigi secara teratur

Perilaku satu  ini juga penting untuk dibiasakan sejak dini, karena apabila sejak anak-anak dibiasakan untuk menggosok gigi maka saat besar mereka akan terbiasa sendiri untuk menggosok gigi. Masih banyak anak-anak yang enggan untuk gosok gigi. Dianjurkan untuk rutin menggosok gigi setiap selesai makan dan sebelum tidur.

4. Mandi secara teratur

Menjaga kebersihan badan selain mencuci tangan dengan sabun, menggosok gigi secara teratur. Mandi secara teratur juga disarankan agar anak-anak terhindari dari berbagi penyakit terutama penyakit kulit yang diakibatkan oleh bakteri atau jamur yang menempel pada kulit. Biasakan anak-anak untuk mandi sebanyak dua kali dalam sehari. Pagi dan sore hari.

5. Membuang sampah pada tempatnya

Tempat favorit kuman penyakit dan lalat adalah sampah. Maka dari itu, anak-anak diajarkan untuk membuang sampah pada tempatnya agar mengurangi kuman penyakit dan lalat. Dengan membuang sampah pada tempatnya anak-anak dididik untuk hidup bersih sejak kecil.

6. Buang air kecil dan air besar di toilet

Tidak membuang air kecil atau besar secara sembarangan agar kotoran tidak dihinggapi lalat dan menjadi sumber penyakit. Selain itu, untuk mencegah pemandangan yang tidak sedap dan bau yang kurang enak.

7. Tidur yang cukup

Masa anak-anak merupakan masa pertumbuhan. Semua organ di dalam tubuh mereka belum terbentuk secara sempurna. Untuk itu, mereka dianjurkan agar tidur secara cukup agar organ di dalam tubuh mereka bisa terbentuk dan berfungsi secara normal. Waktu tidur yang baik untuk anak dengan usia 6-12 tahun adalah selama 9-10 jam per hari. Terbagi menjadi 9 jam ketika tidur malam dan 1 jam saat tidur siang.

Tulisan ini bertema “Hari Anak Nasional” sebagai tugas Kelas Menulis Blog #2

2 komentar:

  1. Bagus ini infonya, semoga anak-anak Indonesia menjaga hidup sehat agar sehat ya

    BalasHapus
  2. Ini perlu banget... Dan IBU perlu mengingatkan hal ini dengan anak2 nya...

    BalasHapus

Copyright @ 2013 AULIA RAHIM.