Minggu, 30 Desember 2012

Filled Under:

Catatan Kecil Sang Petualang " Refleksi Akhir Tahun"

"Hisablah dirimu sebelum kamu dihisab"

Tak terasa sudah berada dipunghujung tahun 2012. Apakah yang sudah ku perbuat selama satu tahun yang lalu? Presentase baikkah atau presentasi burukkah yang banyak dilakukan? Hanya dirilah dan yang memiliki dirilah yang mengetahui presentasenya. Tetapi, alangkah lebih baiknya jika diri ini bisa menghitung-hitung kebaikan dan keburukan yang sudah dilalui selama satu tahun dibelakang.

Disadari maupun tidak disadari. Memang, manusia tempat salah dan khilaf. Begitupula dengan diri ini tak pernah luput dari kesalahan-kesalahan yang ada. Namun, dari kesalahan itulah kita dapat belajar banyak arti sebuah kebenaran. Kita tak akan pernah mengenal kebenaran sebelum kita mengenal terlebih dahulu kesalahan yang pernah kita perbuat.

Kesalahan yang diperbuat selama satu tahun dibelakang dijadikan sebagai sebuah pelajaran berharga dan diambil hikmah yang terkandung dari kesalahan itu. Sejatinya, manusia itu adalah seorang pembelajar yang akan terus belajar dan belajar. Walaupun ribuan kesalahan dia temukan tetapi pada puncaknnya ia akan menemukan kebenaran yang hakiki yakni kebenaran yang hanya dimiliki oleh Sang Pemilik Kebenaran.

"Kebaikan akan dibalas kebaikan, keburukan akan dibalas keburukan"

Setiap manusia pasti memiliki kebaikan dan keburukan. Dari kebaikan dan keburukan itulah seseorang dapat mengukur kualitas dirinya selama satu tahun. Apakah sudah baik ibadahnya kepada Allah? Apakah sudah baik hubungan dia kepada sesama manusia?Ataukah sebaliknya?

Semoga bertambahnya tahun dan bertambahnya usia walaupun pada hakikatnya berkurangnya jatah hidup di dunia akan menambah amal kebajikan dan mengurangi amal keburukan kita bahkan menghilangkannya agar hari-hari dengan lembaran baru kita buka dengan kebaikan-kebaikan yang kelak menjadi penolong kita di waktu kita sendirian.

Berbagi Ceria Lewat Cerita

Yogyakarta, 31 Desember 2012
 Salam Senyum

Aulia Rahim

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 AULIA RAHIM.